MUSIK dan KESEHATAN

hallo pecinta musik…

apakah kalian tau ada hubungan apa antara musik dengan kesehatan????

secara kasat mata memang tidak ada hubungannya.. namun tahukah kalian bahwa musik ternyata bukan hanya enak untuk di dengar dan dimainkan tetapi musik juga  berguna sebagai terapi penyembuhan, bahkan kalangan medis pun mulai memperhitungkannya…!!!

bagaimana bisa??

memangnya apa yang kita dapatkan dari mendengarkan musik??

manfaan musik untuk kesehatan salah satunya untuk suasana hati,Meski efek musik pada orang sehat tidak sebesar pada orang sakit, tapi dalam hal ini musik berperan sebagai terapi preventif, Coba bayangkan bila anda mendengarkan musik, apalagi bila lagu itu adalah lagu kesayangan, kita pasti merasa terhibur, menurut para ahli, musik merupakan terapi psikofisika artinya bisa mencakup ke dua hal yaitu psikis dan fisik, Keduanya merupakan kesatuan dalam tubuh kita, dengan musik kedua aspek ini menjadi berimbang.

Dalam prakteknya terapi musik bisa terdiri dari dua hal yaitu aktif dan pasif, dengan pendekatan aktif maka pasien dapat turut serta aktif berpartisipasi. Misalnya saat mendengarkan musik mereka dapat ikut bersenandung, menari atau sekedar bertepuk tangan. sedangkan yang sifatnya pasif jika pasien hanya bertindak sebagai pendengar saja, meski sebagai motorik mereka tampak pasif, namun sesungguhnya aktivitas mentalnya tetap bekerja. mereka bisa berimajinasi sesuai dengan tema musik yang mereka dengarkan. Misalnya Musik Romantis dapat membuat mereka teringat akan kenangan indah mereka.

Tempo musik menentukan suasana hati si pendengar, tempo standar musik klasik (tempo moderato) hampir sama dengan denyut nadi manusia rata rata. Musik yang dimainkan dengan irama yang cepat dianggap dapat memberi semangat, dan musik dengan irama yang pelan dapat menenangkan.

Para Pakar Medis masih berhati hati sebelum menyatakan secara tegas efek penyembuhan oleh musik , Terapi musik bukanlah pengganti perawatan medis standard namun hanya bersifat melengkapi. Hubungan antara musik dan penyembuhan selama ini jelas positif, kalangan ilmuwan perlu meneliti lebih jauh mengenai masalah ini.

maka dari itu,apabila hati kalian sedang gundah gulana,maka lebih baik lah anda mendengarkan musik, karena musik dapat buat hidup kalian rileks…!!!!!

2 Comments

  1. adi sumet said,

    09/10/2009 at 16:59

    mantap coy…
    musik emang bs bikin sehat..
    apalagi musik2 yg romantis gtu kya gw..haha😀

    • isachubby said,

      10/10/2009 at 06:28

      bner bgt di kata loe..
      musik yg romantis bisa bawa diri kita mlayang ye,mlupakan msalah dlam hidup..
      pokok’a HIDUP MUSIC lah..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: