5. Pengertian Antarmuka

Antarmuka pengguna atau yang biasa disebut User Interface merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna (user). User Interface berfungsi untuk menghubungkan / penterjemah informasi antara pengguna dengan sistem operasi, sehingga komputer tersebut bisa digunakan.

User interface, dengan demikian, bisa juga diartikan sebagai mekanisme inter-relasi atau integrasi total dari perangkat keras dan lunak yang membentuk pengalaman bekomputer. Dari sisi software ia bisa berbentuk Graphical User Interface (GUI) atau Command-Line Interface (CLI), sedangkan dari sisi hardware ia bisa berbentuk SCSI, IDE (atau ATAPI), Apple Desktop Bus (ADB), USB, dan Fire Wire.

MODEL USER INTERFACE PADA SISTEM OPERASI

1. Linux

Linux dapat dikendalikan oleh satu atau lebih interface baris perintah CLI (command line interface) berbasis teks, user interface grafis GUI (graphical user interface,  yang umumnya merupakan konfigurasi bawaan untuk versi desktop). Contoh  antarmuka grafis (GUI) yang digunakan pada Linux :

  1. X-Window System (bukan X-Windows) dengan pilihan tampilan yang bervariasi (dinamis), misalnya fvwm, olvwm, twm, afterstep, kde, enlightenment, windowmaker, gnome, mlvwm.
  2. Produk KDE (K Desktop Environment) adalah KDE adalah sebuah aplikasi desktop environment untuk sistem operasi berbasis UNIX (termasuk Linux, FreeBSD, NetBSD dan lain-lainnya). Fungsinya adalah untuk mengurangi penggunaan command line yang mungkin terlalu rumit bagi pengguna yang awam di sistem operasi berbasis UNIX tersebut, sehingga pengoperasiannya semudah mengoperasikan desktop pada lingkungan Windows maupun MacOS. Pada saat tulisan ini dibuat versi KDE yang paling baru adalah KDE 3.1.4 (rilis), sedangkan untuk versi pengembangan adalah KDE 3.2 Beta 22. Pada saat ini, hampir semua distribusi besar Linux (misalnya Redhat, SuSe dan Debian) menyertakan KDE sebagai desktop environment-nya.
  3. GNOME adalah desktop default yang sangat user friendly pada sistem operasi linux. Mungkin saja Anda pernah mengalami kejadian eror pada desktop Gnome yang Anda gunakan. Pada umumnya sering kita lihat kebanyakan orang melakukan restart sistem untuk mengembalikan desktop gnome pada saat terjadi eror, sebenarnya hal itu bisa kita atasi dengan mudah tanpa harus melakukan restart sistem, ingin tahu caranya?
    Lakukan 3 cara alternatif berikut ini jika terjadi eror pada desktop Gnome pada linux yang sering digunakan:
  1. Tekan tombol kombinasi Ctrl-Alt Backspace
  2. Masuk pada terminal / console dan ketikkan : sudo /etc/init.d/gdm restart
  3. Masuk pada terminal lalu ketikkan perintah : killall gnome-panel

Contoh  antarmuka yang bersifat CLI yang digunakan pada Linux adalah Shell. Shell menjadi jembatan antara pemakai dan sistem. Shell bertindak sebagai penerjemah perintah yang sangat bermanfaat bagi pemakai. Kemampuan shell mencakup dua hal yaitu :

  1. Modus Interaktif, pemakai dapat memberikan perintah kemudian shell akan mengerjakan perintah yang diberikan.
  2. Modus Pemrograman, pemakai dapat menyusun suatu program yang berupa sejumlah perintah yang disebut skrip shell.

2. UNIX

UNIX dikendalikan oleh  interface baris perintah CLI (command line interface).

  1. Bourne Again Shell (BASH), diciptakan untuk digunakan dalam proyek GNU. Proyek GNU dimulai oleh Richard M Stallman untuk membuat sistem operasi yang kompatibel dengan UNIX dan menggantikan seluruh utilitas UNIX komersil dengan yang bebas didistribusikan. Bash kini semakin populer, karena ia umumnya disertakan dalam setiap sistem operasi UNIX. Sebagai tambahan pada kompatibilitasnya dengan shell Bourne, Bash juga menyertakan fitur-fitur terbaik shell C dan Korn, dan juga beberapa fitur unik yang dimilikinya.

Keunggulan-keunggulan Bash :

  1. Mode edit pada perintah baris bash adalah sebuah fitur yang cenderung menarik orang untuk menggunakannya.  Dengan edit perintah baris, lebih mudah untuk kembali dan membetulkan kesalahan atau memodifikasi perintah-perintah sebelumnya.
  2. Fitur utama bash lainnya adalah ditujukan bagi user interaktif yaitu kendali perintah (job control). Kendali perintah memberikan anda kemampuan untuk memulai, menghentikan dan pause sejumlah perintah di waktu yang bersamaan. Fitur ini dipinjam dari shell C.
  3. bash umumnya ditujukan bagi programer atau orang yang hobi mengkustomisasi shell. Ia menyertakan banyak option dan variabel baru untuk kustomisasi, dan fitur pemrogramannya telah sangat diperbaiki untuk menyertakan definisi fungsi, lebih banyak kendali struktur, aritmatika integer, kendali I/O tingkat tinggi, dan lain-lain.

3. Ms. DOS

DOS menempati posisi sebagai operating system yang menggunakan CUI (Character User Interface) / CLI , contohnya :

  1. command.com atau Command Prompt.
  2. WordStar digolongkan sebagai salah satu contoh terbaik dalam hal desain antar muka sebuah software pada DOS karena dirancang untuk menampilkan mode karakter dengan tipe font tunggal, fokus utamanya adalah pengetikan teks, tanpa desain format tampilan WYSIWYG langsung pada layar monitor. Karena penerapan layout menjadi fungsi tambahan yang hanya dilakukan setelah dokumen selesai ditulis, diedit dan diperiksa, penulis tidak dipusingkan oleh banyak kemungkinan perubahan layout dan konfigurasi dokumen yang banyak ditemui pada pengolah kata modern. WordStar memiliki beberapa kelemahan, seperti tidak mampu untuk memformat ulang justifikasi baris saat teks diketikkan atau dihapus. Karenanya paragraf harus diformat ulang oleh sebuah perintah setelah proses perubahan selesai. Namun sebuah perintah juga tersedia untuk memformat ulang seluruh dokumen setelah proses editing dan perubahan yang dilakukan selesai dibuat.

DOS saat ini telah tergantikan/diperbarui yang dapat menggunakan antarmuka berbasiskan GUI (Grafical user Interface), contohnya : Microsoft Windows versi 9x, 2k yang walau demikian, kehadiran Microsoft DOS tetap diperlukan. Tutorial ini, mempelajari perintah-perintah dasar dalam Microsoft DOS Versi 6.22. Penjelasan didalam tutorial ini di sajikan dengan gambar, sehingga memudahkan bagi mereka yang awam sekalipun untuk mempelajari dasar-dasar pengoperasian Microsoft DOS.

4. Windows

Sistem Operasi windows dapat menggunakan interface baris perintah CLI (command line interface) berbasis teks, user interface grafis GUI (graphical user interface). Di Windows, Kita tidak banyak memiliki pilihan user interface. Sebagai misal, di Windows 95/98 Kita hanya mengenal user interface bawaan Windows 95/98. Kita sedikit lebih beruntung jika menggunakan Windows XP, karena Kita bisa berpindah dari interface milik Windows XP ke Windows 98 yang lebih ringan.

Contoh user interface baris perintah (CLI) pada windows vista disebut PowerShell. PowerShell adalah Command Prompt yang bener dirombak abis, jadi kita terbebas dari batch script yang dimiliki DOS. PowerShell di WINDOWS 7 sudah terintegrasi langsung, jadi kita tidak harus mendownloadnya terlebih dahulu seperti pada versi-versi windows sebelumnya.PowerShell tersedia dalam dua jenis, yaitu Windows PowerShell V2 ISE ( Integrated Scripting Environment ) dan Windows PowerShell V2. Bedanya, pada PowerShell V2 ISE disertakan GUI dan menyediakan debugger, syntax highlight , dan fiutr tab

Contoh user interface berbasis grafis (GUI) pada windows XP disebut Lunar. sedangkan pada windows vista disebut Aero. Aero adalah  fitur grafik yang jauh lebih “memikat” dengan aplikasi yang baru (seperti halnya Windows Calendar, Windows DVD Maker dan beberapa game baru termasuk Chess Titans, Mahjong, dan Purble Place).

5. OS/2

OS/2 versi 1.0 hanyalah sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks/ command line interface  (CLI) . OS/2 versi 1.1 yang dirilis pada tahun 1988 menawarkan antarmuka grafis, yang disebut dengan Presentation Manager (PM). Presentation Manager ini menggunakan sistem koordinat yang sama dengan koordinat Cartesius, berbeda dengan sistem operasi Windows dan beberapa sistem GUI lainnya. Penggunaan sistem koordinat tersebut menyebabkan titik x,y 0,0 pada OS/2 diletakkan pada pojok kiri bawah layar, sementara pada Windows, peletakannya pada pojok kiri atas. OS/2 versi 1.2, yang dirilis pada tahun 1989, memperkenalkan sebuah sistem berkas baru, yang disebut dengan High Performance File System (HPFS), yang ditujukan untuk menggantikan sistem berkas File Allocation Table (FAT).

Setelah OS/2 versi 1.3 dirilis untuk  membenarkan beberapa masalah dalam OS/2 versi 1.x, IBM akhirnya merilis OS/2 versi 2.0 pada tahun 1992. Versi 2.0 ini menawarkan peningkatan yang signifikan, yakni sebuah interface berbasis grafis (GUI) berorientasi objek, yang disebut dengan Workplace Shell (WPS), yang mencakup di dalamnya sebuah dekstop dan dianggap oleh banyak orang merupakan fitur terbaik di dalam OS/2.

6. Macintosh

User interface Macintosh adalah identik dengan Graphical User Interface (GUI) yang banyak ditiru pihak lain, contohya adalah aqua karena aqua mempunyai tampilan grafis teknologi tinggi yang sangat halus, cair, dan benar-benar bisa mempesona mata semua orang yang melihatnya. Tidak pernah ada satu pun tampilan grafis yang kualitasnya mendekati Aqua. Dari sisi penampilan, Aqua akan makin menyempurnakan koherensi antara tampilan mesin-mesin baru Apple (iMac, iBook, PowerMac G3/G4, dan PowerBook) dan sistem operasi yang berjalan di atasnya. Para pecinta iMac akan mendapatkan sebuah koordinasi warna yang sempurna melalui Aqua. Tak satu pun perusahaan komputer yang bisa melakukan ini selain Apple Computer.

Tapi jika hanya GUI, pengalaman memakai Macintosh sama sekali belum lengkap. Karena user interface tidak membatasi hanya pada GUI, melainkan juga menyangkut kemampuan konektivitas mesin-mesin Apple dengan segala jenis perangkat (baik internal maupun eksternal). Salah satu contoh yang sangat mudah: soal konektivitas mesin Macintosh dengan perangkat keras (hard disk, CD-ROM drive atau Scanner) eksternal misalnya. Di lingkungan Macintosh, sejak lama Apple telah menggunakan antarmuka SCSI (small computer system interface) untuk mengatur komunikasi antara mesin komputer dengan perangkat eksternal seperti hard disk dan CD-ROM drive.

Nama Kelompok :

Mohamad Isa (10106893)

Rista Novelita  (11106211)

Rendi Budianto  (11106136)

Ustika Mala (11106432)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: